Senin, 23 Januari 2012

STOP WHINING, START DREAMING & GET READY FOR WINNING

2011 telah berlalu, dan sampai dengan hari ini, sudah hampir 4 minggu kita menjalani tahun 2012. Lantas, bagaimana sudah kita jalani tahun 2012 ini? Apakah sudah banyak hal-hal baru yang kita lakukan guna mencapai impian-impian baru kita di 2012? Ataukah 2012 ini masih akan kita gunakan untuk mengejar impian kita di 2011 lalu yang masih belum tercapai?

Yang pasti, saya ingin mengucapkan Selamat kepada Anda semua yang masih memiliki mimpi-mimpi tersebut, baik itu mimpi besar, hingga mimpi-mimpi kecil untuk dikejar di tahun 2012 ini. Mengapa Selamat?? Pernahkah Anda bayangkan, bagaimana rasanya hidup ini tanpa adanya mimpi? Bagi saya, hidup akan terasa sangat hampa dan monoton, dan kita pun tidak akan pernah tahu, apa sebenarnya tujuan hidup kita dan apa yang ingin kita capai di masa yang akan datang. Namun, jangan pernah melupakan, jika sudah ada sebagian dari mimpi kita yang sudah tercapai di awal tahun ini, teruslah buat mimpi-mimpi baru yang lebih besar, sehingga Anda pun akan selalu termotivasi di Tahun Naga Air ini untuk bisa mencapai apa yang Anda ingin capai di masa mendatang, baik dalam pekerjaan sehari-hari, maupun juga dalam kehidupan berumah-tangga bersama pasangan dan anak kita masing-masing.

Sebelum membahas lebih jauh, saya hanya ingin memastikan terlebih dahulu, bahwa kita memiliki persepsi yang sama mengenai definisi Mimpi disini. Mimpi yang saya maksudkan adalah keinginan, harapan dan cita-cita kita, baik jangka pendek, menengah dan panjang, atau di perusahaan-perusahaan biasa juga disebut dengan Visi dan Misi. Entah kita menyadarinya atau tidak, sebenarnya apa yang kita dapatkan sampai dengan saat ini adalah merupakan perwujudan dari apa yang kita inginkan/impikan di masa lalu. Benarkah demikian? Jika ya, maka saya bisa menebak, apa pertanyaan atau keluhan yang akan Anda lemparkan ke saya setelah ini: “Jika memang hidup saya sekarang adalah perwujudan dari impian dan harapan di masa lalu, lantas mengapa sampai dengan saat ini saya masih serba kesusahan dan kekurangan, pekerjaan juga masih seperti sekarang, tanpa adanya kenaikan gaji, pangkat/promosi sebagaimana yang selalu saya harapkan di masa lalu. Atau pasangan saya saat ini tidak sesuai seperti apa yang saya harapkan, kurang kaya, kurang bisa merawat dan memperhatikan saya serta anak-anak saya; atau kurang ini-kurang itu, dan lain-lain, dan lain sebagainya!!!”

Sangat mudah sebetulnya untuk menjawab pertanyaan seperti ini dengan sebuah jawaban singkat: “Anda tidak serius dalam Bermimpi !!!” Mohon maaf sebelumnya, tanpa bermaksud untuk sok agamis, tetapi sebagai seorang Muslim, masih ingatkah Anda dengan ayat di Al Qur’an yang menyatakan bahwa “Allah tidak akan merubah nasib suatu kaum, sebelum kaum itu mau untuk merubah nasibnya terlebih dahulu.”

Meskipun bermimpi adalah hal yang paling mudah untuk dilakukan—hal termudah untuk melakukannya adalah sesaat sebelum kita tidur di malam hari—namun, bukan berarti bahwa tujuan kita hidup hanyalah untuk bermimpi semata, tanpa kita mau berusaha untuk mewujudkan mimpi-mimpi kita tersebut. Hey Kawan, Sadar dan Bangunlah!! Bermimpi itu hanya merupakan langkah awal dari kesuksesan kita. Langkah berikutnya adalah berusaha sekuat tenaga, daya dan upaya untuk mewujudkan kesuksesan yang kita impikan. Jangan hanya sekedar bermimpi dan terus bermimpi di atas tempat tidur, tetapi kita tidak pernah mau bangun dari tempat tidur untuk merealisasikan apa yang kita impikan tersebut. Ingatlah selalu, bahwa Allah sudah menyiapkan rezeki untuk seluruh hambanya yang ada di dunia ini tanpa kekurangan sedikitpun. Yang pasti, selagi kita memiliki niat dan keseriusan untuk merealisasikan impian kita, maka, bersiaplah untuk ketiban rezeki nomplok, yang merupakan bayaran dan penghargaan atas jerih-payah yang sudah kita lakukan selama ini.

Saya ambil contoh lain yang paling mudah: seorang pemimpin di perusahaan A telah mencanangkan dari setahun yang lalu, bahwa tahun depan perusahaan harus mendapatkan pertumbuhan penjualan sebanyak 3 kali lipat dari apa yang dapat diperoleh perusahaan saat ini. Setelah menyampaikan apa yang diinginkannya, tidak hanya sang pemimpin, tetapi juga seluruh karyawannya tidak ada yang berkomitmen untuk membantu merealisasikan apa yang telah disampaikan sang pemimpin, sehingga setelah setahun berlalu, tidak hanya penjualan 3 kali lipat yang tidak tercapai, bahkan pencapaian penjualan di tahun ini pun jauh lebih rendah dibandingkan penjualan perusahaan di tahun lalu.

Sangat mudah untuk dianalisa bukan, apa yang menyebabkan perusahaan tidak mampu merealisasikan apa yang diinginkan oleh sang pemimpinnya? Betul, karena perusahaan tidak serius dalam bermimpi. Apa yang disampaikan sang pemimpin hanyalah sebuah jargon pemanis semata untuk melengkapi kalimat di dalam penulisan Visi dan Misi perusahaan, dan bahkan apa yang diinginkan oleh sang pemimpin tadi tidak dapat dikatakan sebagai sebuah impian, melainkan hanyalah sebuah ungkapan yang tidak memiliki makna apapun, baik bagi dirinya sendiri, maupun bagi orang lain yang ikut mendengarkan.

Nah, inilah yang saya sebut dengan ketidakseriusan dalam bermimpi. Tidak hanya bisnis yang memiliki proses, tetapi bermimpi pun juga memiliki proses; proses yang mudah, namun jika dilakukan dengan penuh komitmen dan sungguh-sungguh, pada akhirnya akan membuat siapa pun yang bermimpi tersenyum bahagia.

Jangan pernah menyalahkan keadaan, atau bahkan sampai menyalahkan Tuhan karena masih banyak mimpi kita yang belum terealisasi hingga saat ini. Mari kita bertanya ke diri kita terlebih dahulu, apa yang sudah kita lakukan untuk merealisasikan apa yang kita impikan di masa mendatang, khususnya di tahun 2012 ini? Sudah seberapa siapkah diri kita untuk menerima mimpi-mimpi tersebut? Apakah kita sudah betul-betul serius dan bersungguh-sungguh untuk bermimpi? Jika ya, maka secara otomatis tubuh kita pun akan terdorong untuk membantu merealisasikan semua impian-impian yang telah kita tanam baik-baik dalam kepala dan pikiran kita.

Jadi, sekarang Anda sudah tahu pasti bukan, apa yang harus Anda lakukan sekarang juga? Ya, mulailah bermimpi, right here, right now!! Selagi tidak dipungut biaya, dan tidak dibutuhkan waktu yang lama atau tempat yang khusus untuk bermimpi, jangan pernah tunggu sampai besok, dan jangan tunggu sampai Anda terhanyut dalam pekerjaan Anda di kantor atau di rumah, sehingga akhirnya Anda melupakan mimpi-mimpi yang harus Anda buat di kepala dan pikiran Anda, yang nantinya akan membantu menuntun Anda dalam mengejar masa depan yang lebih baik, yang sesuai dengan apa yang Anda inginkan sekarang. Lakukan dimanapun Anda berada saat ini!! Buat catatan atau gambaran singkat di kepala Anda tentang apa yang ingin Anda raih di masa mendatang, lalu detailkan gambaran tersebut disaat Anda sudah memiliki waktu lenggang untuk mengelaborasi dan menjabarkan impian dan cita-cita Anda, sehingga tidak hanya Anda sendiri yang tahu bagaimana Anda menginginkan impian Anda untuk dapat terwujud nantinya, tetapi juga Tuhan Yang Maha Mengetahui pun akan senantiasa mendengar dan mengetahui apa yang sebenarnya Anda inginkan di masa yang akan datang.

Zaman boleh berubah dan akan senantiasa mengalami perubahan terus menerus, tetapi apa yang kita impikan tidak boleh berubah atau bahkan hilang ditelan perubahan zaman. Stop Whining, Start Dreaming and Get Ready for Winning!!! Good Luck!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Google Search



Google