Minggu, 01 Januari 2012

The Power of Dreaming


Sebenarnya sudah sejak lama saya ingin menulis mengenai mimpi dan realisasinya di masa depan, tetapi saya selalu ragu dan bingung dalam menemukan apa istilah yang tepat untuk menggambarkan keterkaitan antara mimpi dan realisasinya dalam kehidupan kita sehari-hari, sampai akhirnya saya menemukan istilah LoA [Law of Attraction/Hukum Tarik Menarik] dari Buku Bung Ippho “Right” Sentosa yang berjudul 7 Keajaiban Rezeki. Thanks to him for inspiring me and giving me new terminology to write about the dream and the future.
Penjelasan dan keterangan mengenai LoA secara mendetail mungkin tidak bisa Anda dapatkan dalam artikel ini, namun, saya berharap tulisan saya berikut ini bisa memotivasi Anda untuk bermimpi sebanyak-banyaknya demi masa depan yang lebih baik. Mari kita mulai…
Hidup adalah bagaikan sebuah perjalanan, perjalanan panjang yang penuh dengan misteri. Terkadang jalan di dalam kehidupan hanyalah seperti sebuah jalan yang lurus dan panjang tanpa ada hambatan/gangguan sedikitpun, tetapi bisa juga jalan tersebut tiba-tiba berubah menjadi suatu medan yang amat sangat berat, yang penuh dengan kelokan dan lubang jalan dimana-mana, sehingga kerapkali memancing emosi dan amarah kita, karena tidak hanya jalan tersebut dapat merusak kendaraan yang kita bawa, tetapi juga memaksa kita untuk mengurangi laju kendaraan, menginjak rem sebanyak mungkin, dan memutar-mutar setir ke kanan/kiri hanya untuk menghindari lubang-lubang yang ada, sehingga otomatis hal ini juga akan berpengaruh besar terhadap konsumsi bahan bakar yang akan menjadi lebih boros dari biasanya.
Sama halnya dengan kehidupan, terkadang jalan hidup kita terasa begitu indah, tanpa adanya sedikitpun masalah besar yang dapat merusak masa depan yang sedang kita bangun. Namun, dalam sekejap semua keindahan tersebut dapat juga berubah menjadi suatu mimpi buruk yang amat sangat suram, dengan berbagai macam rintangan yang mengepung kita sepanjang perjalanan, dan pada akhirnya berhasil menjadikan perjalanan kehidupan seseorang menjadi sebuah perjalanan yang kelam dan tanpa tujuan.
Untuk mencegah terjadinya hal semacam itu, ada baiknya jika kita mundur kembali ke tempat awal dimana kita sedang bersiap-siap untuk menghadapi perjalanan kehidupan kita masing-masing. Pada dasarnya, perjalanan kehidupan seseorang untuk meraih apa yang diimpikannya bisa dimulai kapan saja, tanpa dibatasi oleh usia, pekerjaan, ijazah khusus, dan persyaratan lainnya. Yang terpenting adalah orang tersebut betul-betul tahu apa yang diinginkannya.
Seribu langkah selalu dimulai dengan langkah pertama. Sejauh apapun perjalanan yang akan ditempuh, atau seberapa lamapun perjalanan yang akan dilakukan, maka pastilah perjalanan tersebut akan selalu dimulai dengan langkah pertama, lalu diikuti oleh langkah kedua, ketiga, dan seterusnya, hingga pada akhirnya, tentunya kita semua berharap agar seribu langkah yang telah kita rencanakan di awal bisa tercapai dengan baik.
Ya, pastinya semua dari kita menginginkan pencapaian hasil di masa depan yang lebih baik, bukan? Yang sesuai dengan mimpi kita di awal akan sebuah masa depan, baik masa depan dengan pasangan kita, masa depan kita di suatu perusahaan, dan/atau masa depan dari bisnis yang kita bangun dengan hasil keringat dan jerih payah kita sendiri.
Namun, apakah mungkin masa depan yang kita impikan bisa terwujud jika kita sendiri tidak tahu apa yang kita inginkan di masa depan? Untuk itu, saya ingatkan sekali lagi betapa pentingnya kita tahu apa tujuan yang ingin kita capai di masa yang akan datang. Melihat betapa pentingnya memiliki tujuan di dalam sebuah perjalanan, maka saya rasa tidak salah jika proses menentukan tujuan ini dimasukkan ke dalam langkah awal (langkah pertama) dari perjalanan seribu langkah yang akan kita jalani.
Bagaimana cara kita menentukan tujuan dengan baik agar perjalanan yang kita tempuh ini bisa membawa kita untuk tiba di tempat tujuan yang telah kita tentukan di awal? Cara termudah yang dapat dilakukan adalah melalui “Bermimpi”!! Apakah ada orang yang kesulitan untuk bermimpi? Tidaklah dibutuhkan suatu teori khusus atau konsep yang njelimet untuk bisa memimpikan hal-hal yang kita inginkan dalam hidup kita di masa yang akan datang. Bahkan saking mudahnya, saya pun merasa tidak perlu memberitahu atau mengajari Anda bagaimana caranya untuk bisa memimpikan setiap keinginan kita yang ingin diwujudkan di masa mendatang. Cukup bayangkan setiap hari apa saja hal-hal yang Anda inginkan, dan tak lupa, sertakan pula apa yang Anda inginkan tersebut dalam doa Anda sehari-hari. Sedikit mengutip tulisan yang pernah saya baca, yang kalau saya tidak salah bunyinya seperti berikut: “disaat kita betul-betul menginginkan sesuatu, maka, tanpa kita sadari, seluruh alam semesta beserta isinya juga akan ikut membantu kita mewujudkan keinginan tersebut”. Luar biasa bukan???
Nah, pada bagian bermimpi ini pulalah izinkan saya untuk menjelaskan secara singkat konsep Law of Attraction/Hukum Tarik-Menarik [LoA] yang telah saya singgung di awal tulisan ini. LoA menurut versi Bung Ippho “Right” Sentosa, adalah apa yang kita pikirkan, itulah yang akan diberikan oleh alam semesta. Atau bisa dibilang, pikiran kita-lah yang menarik segala sesuatu yang kita inginkan terjadi. Thoughts become things. Dan tentu saja, semua itu bisa terwujud dengan izin dan restu dari Yang Maha Kuasa.
Oleh sebab itu, jangan heran jika sekarang Anda teringat kembali akan beberapa kejadian di masa lalu, disaat Anda sedang mengharapkan atau menginginkan sesuatu, tiba-tiba sesuatu tersebut muncul dengan sendirinya di hadapan Anda, baik setelah melalui proses yang cukup panjang, ataupun proses yang singkat. Dan harap dicatat, bahwa itu BUKANLAH SUATU KEBETULAN!!! Tetapi itu adalah hasil dari kekuatan tarik-menarik yang dihasilkan oleh pikiran Anda dengan sesuatu yang Anda inginkan tersebut, hingga pada akhirnya pikiran Anda berhasil mewujudkan apa yang Anda inginkan. Mantap bukan?? Oleh sebab itu, mulai sekarang, jangan pernah sedikitpun Anda meremehkan impian-impian Anda sendiri, apalagi impian orang lain, yang terkadang terdengar terlalu mengada-ada, karena bisa saja impian Anda atau orang lain tersebut terwujud di masa yang akan datang.
Pengalaman saya pribadi, apa yang saya dapatkan hingga saat ini adalah merupakan hasil dari mimpi-mimpi saya di masa lalu, yang sudah saya mulai semenjak saya mengemban ilmu S-1 di Yogyakarta. Meskipun apa yang sudah saya dapatkan saat ini baru sebagian kecil saja dari mimpi-mimpi saya yang lain, namun, saya selalu bersyukur dan percaya, bahwa pada akhirnya semua yang saya pikirkan dan impikan selama ini akan dapat terwujud di masa yang akan datang, dengan cara dan waktu yang sudah diatur sedemikian rupa oleh Yang Maha Mengatur, dimana saya hanya tinggal mengerjakan bagian yang perlu saya lakukan sebagai hamba-Nya, yaitu bekerja keras, berdoa, pantang menyerah dan selalu yakin bahwa apa yang saya impikan akan menjadi kenyataan nantinya. Berbicara mengenai apa yang saya inginkan di masa mendatang, saya ingin menjadi CEO di sebuah perusahaan besar, dan bisa menjadi CEO Terbaik yang akan selalu dikenang, serta bisa memberikan kontribusi lebih, tidak hanya untuk perusahaan, tetapi juga untuk Negara, keluarga, serta di lingkungan manapun tempat saya berada.
Jadi, tunggu apalagi, semua sangat mudah bukan untuk dilakukan? Tentukan perjalanan seribu langkah Anda mulai dari sekarang! Ya, Sekarang!! Jangan ditunda-tunda lagi! Segera ambil langkah pertama Anda! Selagi mimpi itu Gratis, serta Tidak Dipungut Biaya, bermimpilah sebanyak-banyaknya dari sekarang. Dengan bermimpi, kita tidak perlu bertanggungjawab kepada orang lain, kita juga tidak memiliki beban atau hutang kepada siapapun, karena kita hanya bertanggungjawab kepada diri kita sendiri sebagai si Pemilik Mimpi, dan semua konsekwensi yang timbul pun juga akan menjadi tanggungan kita sendiri. Jangan kaget jika nanti semua mimpi Anda akan berhasil diwujudkan oleh kekuatan pikiran Anda dengan cara yang amat sangat indah dan tidak akan pernah Anda sangka-sangka sebelumnya. Dan disaat mimpi kita ada yang belum terealisasikan, percayalah Sobat, saat itu Tuhan sedang menguji dan menyiapkan diri kita, sampai kita betul-betul siap untuk mendapatkan mimpi-mimpi kita tersebut. Terus maju, jangan menyerah, dan selalu yakin bahwa semua yang kita impikan pasti akan terwujud, bagaimanapun caranya, dan dari manapun datangnya, hanya Allah-lah Yang Maha Mengetahui.

Last but not Least, Happy New Year All... =)

Written by Bramasto Ari Wibowo
Published on Jan 01, 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Google Search



Google